Balai Arkeologi D.I Yogyakarta

Tidak Sekedar Membaca Masa Lalu

Pojok Literasi Arkeologi

Pojok Literasi Arkeologi adalah media pembelajaran atas inisiatif Balai Arkeologi DIY dan SMA NEGERI 1 Prambanan. Pojok Literasi Arkeologi mendukung gerakan literasi, yaitu sebuah gerakan kesadaran membaca buku dengan tema arkeologi. Pojok Literasi Arkeologi untuk pertama kali diluncurkan di SMA NEGERI 1 Prambanan, dan tidak menutup kemungkinan disusul oleh sekolah-sekolah lainnya.

Ada berbagai macam bahan bacaan berupa hasil penelitian Balar DIY yang tersedia di Pojok Literasi Arkeologi, antara lain : Berkala Arkeologi (Jurnal Ilmiah), Buku mengenai situs-situs yang telah di teliti Balar DIY, Komik Situs Liyangan, Film Pengetahuan Arkeologi, poster berisi informasi seputar arkeologi dan game board arkeologi.

Membangun pojok literasi tidak selalu membutuhkan tempat yang luas, ruangan yang cukup pun ( gazebo) sudah sangat pas untuk mewujudkan kegiatan ini (seperti terlihat di foto). Para siswa dapat membaca buku pengetauan arkeologi, bermain games interaktif serta melihat film PA dari CD / DVD yang di sediakan.

Pada tangal 17 Oktober 2019 juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Balai Arkeologi DIY dan SMA NEGERI 1 Prambanan, serta peresmian Pojok Literasi Arkeologi oleh Kepala Balar DIY, Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum.

Updated: October 22, 2019 — 8:28 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Arkeologi D.I Yogyakarta © 2016 ArkeologiJawa