Balai Arkeologi D.I Yogyakarta

Tidak Sekedar Membaca Masa Lalu

Film Pengetahuan Arkeologi (FPA) Gelang Batu Masa Neolitik

Pada awal masa neolitik sekitar 5.000 BP terjadi migrasi masyarakat penutur bahasa Austronesia dari Taiwan, melalui Filipina dan masuk Kepulauan Indonesia sekitar 4.000 BP. Dalam penyebarannya mereka membawa budaya pertanian padi-padian, teknologi maritim, domestikasi babi, anjing, ayam, budaya rumah panggung, tenun, pembuatan gerabah, dan alat batu yang diupam, termasuk gelang batu.

Gambaran itulah yang difilmkan, termasuk peragaan proses pembuatan gelang batu. Peragaan sangat dimungkinkan karena data yang ditemukan Harry Truman Simanjuntak (1983 dan 1984) dari situs Ponjen, Purbalingga sangat lengkap. Laporan penelitian arkeologi tersebut menjadi acuan utama dalam penulisan naskah dan skenario film. Untuk kategori film pengetahuan, film ini merupakan produk Balar Jogja yang pertama dalam tahun 2009 atau yang ke 7 sejak tahun 2006.

Film berdurasi 14′ 59″ ini dikemas dalam format DVD Video dan VCD. Naskah ditulis oleh Sofwan Noerwidi, Skernario dan Penyuntingan oleh Sugeng Riyanto, Narasumber Priyatno “Gupik” HS, dan Narator oleh Novida Abbas.

Updated: July 16, 2019 — 2:17 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Arkeologi D.I Yogyakarta © 2016 ArkeologiJawa