Balai Arkeologi D.I Yogyakarta

Tidak Sekedar Membaca Masa Lalu

Struktur Bata dan Arca di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur

Balar D.I Yogyakarta telah melakukan peninjaun di Desa Suko Wetan, Kecamatan Karangan dan di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, kegiatan peninjauan merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Balai Arkeologi D.I Yogyakarta yaitu “Balar mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan arkeologi di wilayah kerjanya berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.”

Beberapa tinggalan arkeologi di Desa Suko Wetan antara lain adalah arca tokoh perempuan, fragmen gerabah, dan fragmen keramik.

  1. Arca tokoh perempuan, arca yang ditemukan adalah arca berbahan batu putih yang telah terpotong menjadi dua (2) bagian: tubuh arca bagian atas terpisah dengan bagian bawahnya. Bagian bawah arca memiliki tinggi 31 cm, sedangkan bagian atas 24 cm. Secara keseluruhan arca ini memiliki ukuran lebar 15 cm dan tebal 13 cm.
  2. Fragmen Gerabah, fragmen-fragmen gerabah ditemukan di lokasi yang sama dengan arca, jumlah fragmen yang ditemukan cukup banyak, mencapai sekitar 50 fragmen berukuran kecil. Sebagian besar adalah fragmen badan, mayoritas fragmen yang ditemukan memiliki tebal 3-5 mm, tetapi ada beberapa fragmen dengan ketebalan mencapai 10 mm
  3. Fragmen Keramik, yang ditemukan hanya dalam jumlah yang sedikit yaitu fragmen keramik celadon, yang diglasir dengan teknik pecah seribu, serta dua buah fragmen lainya berwarna putih.

Tinggalan arkeologi di Desa Gondang terdiri dari

  1. Struktur Bata, dengan panjang 1.5 m dan lebar 1.1 m , ukuran bata penyusun struktur tersebut adalah 40x18x8 cm. Bagian selatan struktur sudah tidak tampak terlalu jelas bentuknya, tetapi masih tampak bata-bata yang sudah rusak pada bagian tersebut. Sekitar 100 meter di utara struktur bata tersebut terdapat sebuah sungai yang debit airnya mengalamai pasang surut mengikuti pergantian musim
  2. Arca Mahakala, ditemukan di dekat struktur bata. Arca ini berbahan batu putih dan dalam kondisi yang masih baik. Arca tersebut memiliki ukuran tinggi 60 cm dan lebar 20 cm. Atribut-atribut ikonografi dari arca tersebut masih dapat diamati, diantaranya dalah jata makuta (hiasan rambut yang dipilin) dan gadha di tangan kanan. Atribut tersebut menjadi dasar identifikasi bahwa arca tersebut adalah arca Mahakala.
  3. Fragmen Arca Nandi, ditemukan bersamaan dengan struktur bata dan arca Mahakala. Ukuran fragmen tersebut adalah: tinggi 30 cm dan lebar 20 cm, arca Nandi banyak ditemukan pada bangunan candi berlatar belakang agama Hindu, karena arca ini adalah perwujudan dari wahana Dewa Siwa.
Updated: April 16, 2019 — 4:22 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Arkeologi D.I Yogyakarta © 2016 ArkeologiJawa