Balai Arkeologi D.I Yogyakarta

Tidak Sekedar Membaca Masa Lalu

Kunjungan TK Negri Pembina Umbulharjo Yogyakarta

Saat ini di Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta tersedia satu ruang pamer baru dengan konsep kekinian yang kita sebut “Ruang Peradaban” di ruang ini kita semua bisa belajar arkeologi dengan melihat langsung tingalan-tingalan arkeologi salah satunya adalah   artefak.

Artefak menurut KBBI ( adalah benda-benda, seperti alat, perhiasan yang menunjukkan kecakapan kerja manusia (terutama pada zaman dahulu) yang ditemukan melalui penggalian arkeologi; 2 benda (barang-barang) hasil kecerdasan manusia, seperti perkakas, senjata ), selain itu di Ruang Peradaban  juga tersedia beragam games interaktif seperti GIA ( Games Interaktif Arkeologi ) berbasis komputer dengan model soal pilihan ganda, selain itu juga ada games ular tangga arkeologi yang berisi informasi kearkeologian.

Berikut ini adalah foto foto kunjungan dari TK Negri Pembina Umbulharjo Yogyakarta ke Ruang Peradaban Balar DIY, ada serangkaian kegiatan yang diikuti siswa siswi TK ini, antara lain berkunjung ke ruang peradaban, melakukan games, melihat koleksi artefak dan terbitan yang tersedia di dalam ruangan, bermain dan duduk santai di bean bag. Rangakain selanjutnya adalah tour ruangan para siswa ini mengunjungi ruang kerja Balar DIY dan mendapat penjelasan mengenai tata cara kerja arkeolog serta staff Balar DIY dalam bidang arkeologi , ruangan yang di kunjungi antara lain : Ruang Selam, Ruang Pemetaan dan Penggambaran, Ruang Laboraturium, dan Ruang Penanganan Temuan.

 

Updated: March 18, 2019 — 4:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Arkeologi D.I Yogyakarta © 2016 ArkeologiJawa