Balai Arkeologi D.I Yogyakarta

Tidak Sekedar Membaca Masa Lalu

Penelitian Teknologi Jembatan Angkat dan Sistem Drainase Benteng Van den Bosch, Ngawi, Jawa Timur Tahun 2018

Penelitian tentang Teknologi Jembatan Angkat dan Sistem Drainase di Benteng Van den Bosch telah selesai dilaksanakan. Beberapa hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut terdiri atas:

  1. Menemukan padanan kayu seperti yang telah ditemukan pada penelitian tahun 2017 yang lalu. Kayu tersebut diperkirakan merupakan tiang jembatan angkat. Hal ini terkait dengan beberapa data yang telah ada sebelumnya yaitu ditemukannya landasan jembatan bagian luar dan roda putar sebagai penggerak jembatan angkat tersebut.
  2. Menemukan kelanjutan struktur outlet (saluran pembuangan air) yang ada di bagian belakang benteng. Beberapa hal yang diperoleh adalah: a). saluran tersebut dari arah barat membelok ke arah selatan; b). struktur tersebut mempunyai ketebalan 40 cm dengan kedalaman mencapai 43 lapis bata.
  3. Menemukan letak inlet atau saluran yang mengairi parit keliling benteng. Saluran tersebut berada di samping bagian depan benteng. Disadari bahwa temuan tersebut baru pada analisis stratigrafi lapisan tanah. Sementara temuan data monumental (misal: struktur bata) belum diketahui.

Ketua Tim : Muhammad Chawari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Arkeologi D.I Yogyakarta © 2016 ArkeologiJawa